Berbagi Informasi Seputar Aneka Ide Peluang Usaha Sampingan Terbaik dan Menjanjikan

Tingatkan Rupiah! Peluang Bisnis dari Ban Bekas

Bisnis Barang Bekas - Sebuah bisnis tercipta tidak hanya dari barang yang baru tetapi dapat pula tercipta dengan memanfaatkan barang bekas. Siapa sangka kini ban bekas dapat dimanfaatkan untuk membangun peluang usaha kerajinan tangan. Dan hebohnya bisnis dari ban bekas tersebut sangatlah diminati pasaran di luar negeri karena dinilai sangat ramah lingkungan.

bisnis barang bekas kerajinan tangan ban unik usaha sampingan

Adalah Sindu Prasastyo yang membangun komunitas Sapu Salatiga dimana dari situ ia dapat memproduksi banyak macam pernak pernik dari barang bekas dan banyak diminati oleh pasaran di beberapa negara Eropa. Dia menyatakan ide bisnis barang bekas tersebut ketika ia bergabung dan aktif di sebuah komunitas pemerhati lingkungan dan mencoba belajar mengembangkan produk dari barang daur ulang.

Kegiatan mengolah limbah dari barang bekas ini dapat juga disebut upcycle yang mana perubahan bentuk dari barang-barang bekas ke bentuk barang tepat guna tidak memakan waktu yang lama.

Sindu bercerita, ketika menjalankan bisnisnya pada tahun 2010, penghasilan yang ia dapatkan hanya berkisar 1juta rupiah dan terkadan juga harus merugi. Namun pada tahun 2015 ini dia mengklaim penghasilannya hingga 70 juta rupiah perbulannya. Kini dia dan komunitasnya dapat memproduksi lebih banyak produk hingga 30 jenis produk dari hasil pengolahan ban bekas seperti dompet, tas, gelang, dan berbagai jenis produk interior.

Dari peluang bisnis barang bekas ini, setiap bulannya komunitas Sapu ini dapat memproduksi hingga 1000 barang, dan sebanyak 70% dari total item diserap oleh buyer dari negara Australia, Inggris, Perancis, dan Belanda, sedangkan sisanya dipasarkan di kota Bali dan Yogyakarta untuk menyasar turis dari negara asing lainnya.

Bertujuan menyasar pasar luar negeri, Sindu pun menjual berbagai macam produknya menggunakan mata uang negara Amerika yakni dollar. Harga produk yang ia berikan pun bervariasi mulai dari 12$ untuk gelang, 59$ untuk dompet dan 100$ keatas untuk tas. Ia pun juga membangun sebuah situs untuk lebih mudah memasarkannya.
Modal Penting Peluang Bisnis Jual Beli Mobil Motor Bekas Untung
Selain memasarkan produknya secara online, ia juga aktif mengikuti pameran lokal yang mendatangkan audiens dari berbagai macam negeri. Namun tidak semua pameran akan ia ikuti karena ia harus memutuskan apakah cocok dengan marketnya.

Sindu mengaku bahwa bisnis dari barang bekas ini juga sudah berkembang luas di negeri, hanya saja ia berpendapat bahwa para pengrajin belum terlalu fokus  dalam menciptakan produk yang unik, bagus dan memiliki kualitas serta nilai jual yang tinggi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tingatkan Rupiah! Peluang Bisnis dari Ban Bekas

0 komentar:

Poskan Komentar